Rabu, 03 April 2013

manfaat-manfaat unik kopi.

manfaat-manfaat unik kopi.

Kopi adalah minuman yang banyak disukai dan diminati oleh masyarakat dunia, tanpa mengenal status sosial dan usia. Sobat unik selain sebagai penambah stamina dan energi, ternyata dapat menghilangkan rasa grogi, lelah, bahkan membantu seseorang untuk dapat fokus. Namun tahukah sobat unik ada beberapa manfaat kopi yang jarang diketahui oleh masyarakat secara luas? Berikut uniknya.com merangkum 5 manfaat kopi yang diabaikan:



1. Umur Panjang

 Sebuah penelitian yang dilakukan oleh National Cancer Institute mengatakan bahwa seseorang yang meminum kopi secara rutin dan teratur cenderung berumur panjang daripada yang tidak meminum kopi. Penelitian tersebut melibatkan populasi peminum kopi sebanyak 400.000 orang dari berbagai usia. Meskipun belum ditemukan alasan dan penjelasan yang pasti, namun kopi memiliki manfaat yang diperlukan oleh manusia. Menurut para peneliti kopi memiliki zat anti-oksida yang dapat mencegah tumbuhnya kanker di dalam tubuh.
2. Mencegah Penyakit
 Manfaat lain dari kopi yang diabaikan adalah sebagai minuman yang dapat mencegah terjangkitnya penyakit. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan Harvard, meminum satu hingga empat gelas kopi sehari dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Bahkan para peneliti tersebut mengatakan bahwa meminum kopi sebanyak satu hingga tiga gelas sehari dapat menghindarkan seseorang dari ancaman diabetes. Hasil penelitian tersebut mengungkapkan manfaat kopi selain mencegah diabetes juga dapat menurunkan resiko terkena penyakit Parkinson hingga 80%, kemudian kanker usus besar 25%. Sementara The Journal Nutrition mengatakan bahwa perempuan yang meminum kopi lebih dari empat gelas setiap harinya, dapat terhindar dari ancaman kanker payudara sebesar 40%.
 
3.Meningkatkan Semangat Kerja dan Berolahraga


Sobat unik menurut para peneliti, meminum kopi sebelum melakukan aktifitas, bekerja ataupun berolahraga dapat merangsang dan melepaskan hormon endorphin di dalam tubuh sehingga kita lebih bersemangat dalam menjalani hari. Endorphin adalah hormon yang diproduksi oleh tubuh ketika manusia merasakan bahagia melalui tertawa.  Endorfin diproduksi oleh kelenjar pituitary yang terletak di bagian bawah otak. Hormon ini bertindak seperti morphine, bahkan dikatakan 200 kali lebih besar dari morphine. Endorfin atau Endorphine mampu menimbulkan perasaan senang dan nyaman hingga membuat seseorang berenergi. Sehingga jika diminum sebelum melakukan aktifitas bahkan berolahraga maka kita akan memulai aktifitas tersebut penuh dengan semangat.
4.Meningkatkan Kemampuan Kognitif

Sobat unik manfaat kopi lainnya adalah dapat merangsang meningkatkan kemampuan kognitif seseorang. Maka jangan heran jika melihat seseorang yang sedang bekerja kemudian di meja terdapat segelas kopi, karena secara tidak disadari itu adalah tonik untuk meningkatkan kemampuan berpikir. Manfaat lain kopi secara psikologis adalah dapat mengatasi permasalahan jiwa yang sedang dialami oleh seseorang. Berdasarkan penelitian yang dilakukan di California, kopi dapat meningkatkan kemampuan kognitif dan kewaspadaan seseorang.
Sebuah teori menyebutkan bahwa kafein yang ada di dalam kopi dapat mencegah adanya plak yang ditimbulkan beta-amyloid. Dan ketika plak tersebut berhasil dikurangi, maka otak akan bekerja lebih optimal.
5. Mencegah Stroke 

Sebuah penelitian yang dilakukan pada 2009 lalu oleh Departemen Kesehatan Keluarga di Seoul, Korea Selatan, mengungkapkan bahwa kopi bermanfaat untuk mengurangi resiko terkena serangan stroke. Para peneliti mengatakan 25% perempuan yang meminum kopi sebanyak satu gelas sehari akan tercegah dari serangan stroke. Sementara penelitian lain yang dilakukan di Finlandia mengatakan 12% lelaki yang meminum kopi lebih dari empat gelas sehari akan terhindar dari serangan stroke.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar